Selasa, 08 April 2014

Jenis-jenis Yoga


Yoga merupakan olahraga dewasa yang semakin populer diberbagai kalangan. Yoga merupakan salah satu alternatif yang dapat mengatasi masalah kesehatan yang timbulkan dari berbagai himpitan zaman yang mengkhawatirkan baik dari segi cara pandang, pikiran lingkungan dan ketahanan tubuh. Saat ini dikenal beberapa jenis yoga yaitu:

1. Hatha Yoga

yaitu suatu bentuk yoga yang menitik beratkan pada latihan gabungan beberapa unsul seperti pernapasan, tubuh, dan hubungan lainnya. Dalam yoga jenis ini kita dilatih untuk mengendalikan nafas dengan benar. Selain itu, titik tekan yang lainnya adalah usaha untuk meningkatkan potensi tubuh baik dengan berbagai latihan kenturan, kekuatan secara teratur.
2. Mantra Yoga

yaitu menitik beratkan pada upaya menyelaraskan diri dengan nada gelombang kesadaran yang lebih tinggi. Jenis yoga ini menggunakan cara-cara berdoa tidak seperti yang dilakukan hatha yoga
3. Bhakti Yoga
yaitu yoga yang menekankan pada pengabdian hidup dan karma yoga adalah sistem yang melibatkan segala tindakan kebenaran dengan tujuan sebagai upaya penyatuan diri dengan tuhannya.
4. Karma Yoga
yaitu sistem yang melibatkan segala tindakan kebenaran dengan tujuan sebagai upaya penyatuan diri dengan tuhannya.
5. Yoga jnana
yaitu yoga yang mengandalkan pengetahuan sebagai upaya untuk mencapai kebenaran. Dimana ilmu pengetahuan sebagai titik pangkal dalam pemenuhan kebenaran diri.
6. Raja Yoga
yaitu bentuk yoga yang paling tinggi. yoga ini merupakan jenis yoga yang menggabungkan aspek utama yoga dengan unsur-unsur yoga yang lainnya sehingga timbul kedisiplinan, pemurnian emosi dalam upaya mendekatkan diri dengan sang maha pencipta.

Artikel Terkait

Jenis-jenis Yoga
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email