Selasa, 19 Februari 2013

Sifat-sifat Cermin Terhadap Gelombang Cahaya

cermin datar
Cermin adalah benda dengan permukaan licin yang bisa memantulkan sinar atau gelombang cahaya, sehingga akibat pantulan tersebut menghasilkan bayangan. Berdasarkan kepada bentuk permukaan dan serta sifat-sifat cermin terhadap gelombang cahaya. Cermin di kelompokan menjadi tiga macam yaitu cermin datar, cermin cembung dan cermin cekung


Cermin datar
Cermin ini yang biasa sehari-hari digunakan untuk bercermin atau berkaca untuk melihat muka kita pada saat merapihkan diri atau berdandan bahkan hanya sekadar merapihkan rambut atau memencet jerawat sekali pun kamu harus sambil melihat cermin datar atau kaca. Coba bayangkan kalau seandainya tidak ada cermin maka kamu akan kesulitan untuk berdandan. Konon katanya zaman dahulu sebelum adanya cermin untuk melihat muka sendiri orang bercermin menggunakan air, yang digunakan tentunya harus air yang jernih.
Sifat bayangan yang ditimbulkan cermin datar
  • Bayangan tegak
  • Bayangan maya yaitu bayangan yang hanya bisa dilihat tidak bisa ditangkap)
  • Posisi bayangan terbalik kiri dan kanan
  • Besar dan tinggi bayangan sama dengan besar dan tinggi benda
  • Jarak bayangan ke cermin sama dengan jarak benda ke cermin
Cermin cembung
cermin cembung
Cermin cembung memiliki bentuk me-lengkung keluar atau dalam istilah fisika jari-jari ke-lengkungan di belakang cermin. Sifat dari cermin cembung terhadap gelombang cahaya adalah menyebarkan sinar (divergen) yaitu bila ada sinar yang datangnya sejajar menuju cermin akan dipantulkan seolah –olah sinar berasal dari titik fokus.
Sifat sifat bayangan yang dihasilkan cermin cembung
  • Bayangan tegak
  • maya
  • Bayangan selalu diperkecil yaitu besar dan tinggi bayangan selalu lebih kecil atau lebih pendek dari pada bendanya.
Sebagai contoh penggunaan dalam kehidupan sehari-hari adalah penggunaan kaca spion kendaraan. Coba kamu perhatikan apa yang terjadi dengan bayangan muka kamu pada saat berkaca di kaca spion. Maka kepala kamu akan nampak lebih kecil dari yang sebenarnya.
Cermin Cekung
convergen
Cermin cekung berbentuk melengkung ke dalam atau jari-jari kelengkungan ada di muka cermin. Memiliki sifat terhadap gelombang cahaya adalah mengumpulkan sinar yaitu sinar-sinar yang datang sejajar akan menuju titik fokus yaitu titik tempat berkumpul nya sinar. Untuk cermin cembung atau cermin cekung besarnya adalah setengah dari jari-jari kelengkungan.
Sifat –sifat bayangan pada cermin cekung
Pada cermin cekung sifat bayangan yang dihasilkan cermin cekung tergantung kepada letak benda terhadap cermin yang akan dibahas dalam posting tersendiri pada post pemantulan cahaya pada cermin cekung.
Demikian posting kali ini untuk pembahasan tentang gelombang cahaya yang merupakan salah satu dari bentuk energi.

Artikel Terkait

Sifat-sifat Cermin Terhadap Gelombang Cahaya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email