Sabtu, 09 Februari 2013

Nicolas Copernicus Seorang Ahli Astronomi dan Matematikawan



Nicolas Copernicus adalah ahli astronomi dan matematikawan terkenal dari Polandia. Ia lahir di Polandia pada 19 Februari 1473, dan belajar ilmu matematika serta hukum agama di Italia.

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Copernicus bekerja di gereja Frauenburg. Di sela-sela pekerjaannya, Copernicus diam-diam melakukan penelitian di bidang astronomi. Pada tahun 1530, Copernicus menyelesaikan penelitian yang ia tuangkan dalam bukunya, “De Revolutionibus”.

Di dalam buku itu, Copernicus menuliskan tesisnya yang revolusioner, yaitu bahwa bumi berotasi pada porosnya sekali sehari, dan berevolusi mengelilingi matahari setahun sekali.

Tesis itu segera mengguncang dunia pada masa itu, karena di zaman itu para pemikir di dunia Barat mempercayai teori Ptolemiac yang menyatakan bahwa bumi adalah massa yang tetap, tidak bergerak, dan berada di tengah semesta, sedangkan semua anggota tata surya lainnya—termasuk matahari dan bintang-bintang—berkeliling mengitari bumi. Meski mendapatkan penentangan besar, namun pada akhirnya dunia di masa kini mengetahui bahwa tesis Copernicus-lah yang benar.

Nicolas Copernicus meninggal dunia pada tahun 1543.

Artikel Terkait

Nicolas Copernicus Seorang Ahli Astronomi dan Matematikawan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email