Senin, 18 Februari 2013

Facebook Mengaku Telah Diserang "Hacker"


Facebook, melalui blog resminya, mengungkapkan bahwa jejaring sosial terbesar ini telah menjadi korban serangan "canggih" pada Januari 2013 lalu. Untungnya, tidak ada data pengguna yang diambil oleh sang hacker (peretas).

"Bulan lalu, Facebook Security menemukan sistem kami telah menjadi target serangan yang mutakhir," kata Facebook, seperti dikutip dari Mashable, Sabtu (16/2/2013).

Serangan ini berawal setelah beberapa karyawan Facebook mengakses situs milik pengembang (developer) mobile. Ternyata situs developer tersebut sudah terjangkit program jahat (malware).

Malware ini akan bekerja secara otomatis saat ada yang mengakses situs yang dijangkitinya. Dengan kata lain, saat tim Facebook mengunjungi situs tersebut, komputer yang digunakan akan langsung terkena malware ini.

Nah, di sinilah letak kecanggihan dari malware tersebut. Ternyata, laptop yang digunakan untuk mengakses situs developer sudah dilindungi dengan program antivirus yang up-to-date. Namun, tetap saja malware tersebut dapat menembus sistem keamanan laptop.

"Setelah kami menemukan keberadaan malware, kami segera melaporkan semua mesin yang terinfeksi ke lembaga hukum, dan memulai penyelidikan yang masih berlangsung hingga hari ini. Kami tidak memiliki bukti yang menyatakan ada data pengguna Facebook yang dicuri karena serangan ini," kata pihak Facebook.

Selain Facebook, ternyata masih banyak situs lain yang juga terkena masalah yang sama. Facebook pun menyatakan telah membagikan informasi serangan ini kepada situs-situs tersebut.


Sumber:

Artikel Terkait

Facebook Mengaku Telah Diserang "Hacker"
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email