Sabtu, 26 Januari 2013

Pengertian Internet


Pengertian internet - Meskipun dewasa ini penggunaan internet sudah sangat meluas dan tak hanya kalangan berada. Bahkan masyarakat dengan latar belakang pendidikan rendah pun kini sudah tak asing dengan yang namanya internet. Itu karena semakin mudahnya dalam mengakses internet baik itu melalui handphone ataupun sebuah warnet. Tapi apalah salahnya saya akan mencoba membahas pengertian internet, apa itu internet?

Internet (kependekan dari interconnection-networking) secara harfiah ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Pengertian internet menurut para ahli :

- Lani Sidharta, menyatakan bahwa internet adalah suatu interkoneksi sebuah jaringan komputer yang dapat memberikan layanan informasi secara lengkap. Dan, terbukti bahwa internet dilihat sebagai media maya yang dapat menjadi rekan bisnis, politik, sampai hiburan. Semuanya tersaji lengkap di dalam media ini.

- Khoe yao tung menyatakan bahwa intenet adalah jaringan yang satelit komunikasi yang fungsinya sangat beragam dan tentu merupakan pendukung internet di seluruh dunia.


pengertian internet
Image courtesy of pichart99thai / FreeDigitalPhotos.net

Pada awalnya internet adalah jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network. Proyek tersebut sebenarnya dibentuk untuk tujuan militer. Dan hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah.

Namun, pada perkembangannya semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya sehingga dipecah menjadi 2 yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Begitulah terus mengalami perkembangan sehingga pada akhirnya internet bisa dengan begitu mudahnya diakses oleh hampir semua orang di dunia.

Beberapa layanan populer yang dapat digunakan oleh pengguna di internet diantaranya email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH.

Internet juga memungkinkan komunikasi antar 2 orang atau lebih yang berbeda tempat bahkan antar negara dengan menggunakan program pengirim pesan instant seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger Windows Live Messenger, Twitter.

Selain itu dengan internet juga memungkinkan bagi sekelompok orang untuk membangun suatu komunitas, Baik itu melalui situs jejaring social seperti facebook dan twitter ataupun melalui forum-forum.

Bahkan internet juga bisa digunakan sebagai sarana bisnis. Ada banyak sekali aktifitas bisnis yang bisa dilakukan melalui media internet diantaranya berjualan barang secara online.

Nah, itulah sekelumit pengertian internet yang semoga saja bisa menambah khasanah pengetahuan anda semua. 

Artikel Terkait

Pengertian Internet
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email